Manfaat Internet Satelit Di Pedesaan

Akses internet telah menjadi vital bagi masyarakat progresif. Komunitas dengan akses internet satelit mengalami beragam manfaat ekonomi, pendidikan, dan sosial. Namun, banyak daerah pedesaan dan terpencil yang tidak memiliki bandwidth yang cukup untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dalam perekonomian dunia. Kesenjangan yang dirasakan antara area dengan dan tanpa bandwidth yang cukup dikenal sebagai ‘kesenjangan digital’. Sementara ‘kesenjangan digital’ pernah menjadi masalah akses, proliferasi internet dalam beberapa tahun terakhir telah membuatnya menjadi masalah kualitas dan kecepatan koneksi. Kongres serta banyak organisasi swasta dan publik telah mencatat masalah-masalah ini dan memulai kebijakan untuk mengatasinya. Namun, perkembangannya lambat karena anggapan biaya tinggi dan manfaat rendah.

Pada kenyataannya, ada lebih banyak manfaat daripada yang diperkirakan banyak bisnis. Penelitian menunjukkan bahwa komunitas kecil dan daerah pedesaan di sekitarnya dengan akses internet berkualitas tinggi menuai manfaat ekonomi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Manfaat jangka pendek dicirikan oleh peningkatan moderat dalam pertumbuhan bisnis dan pekerjaan. Pertumbuhan bisnis diwujudkan melalui aplikasi praktis seperti e-commerce dan pengurangan biaya. Karena alasan ini, banyak bisnis telah menjangkau daerah pedesaan sehingga memunculkan tren baru-baru ini yang disebut ‘sumber pedesaan’. Beberapa manfaat jangka panjang termasuk pertumbuhan populasi, pendapatan per kapita, dan bahkan PDB.

Namun, akses internet tidak hanya membantu bisnis di daerah terpencil ini. Komunitas pedesaan dan warganya juga mendapat manfaat. Institusi pendidikan dan pemerintah dapat menggunakan internet kecepatan tinggi untuk pelatihan skolastik dan kejuruan sehingga membangun tenaga kerja yang kompeten dan kompetitif. Penyedia medis membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi untuk memasok peratan dan tenaga medis yang dapat sangat meningkatkan perawatan kesehatan di daerah pedesaan. Juga, penelitian menunjukkan bahwa warga negara yang terhubung secara memadai sering lebih terlibat dalam komunitas mereka. Dengan secara hati-hati mengembangkan dan membiayai broadband secara kreatif, masyarakat pedesaan dapat mengimbangi ekonomi global dan mempersiapkan warga negara untuk berpartisipasi dan bersaing di dunia modern. Oleh karena itu ketersediaan internet di dareah-dareah pedesaan harus menjadi fokus utama dalam upaya pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *